PENGARUH PERANG DAGANG AMERIKA SERIKAT DAN TIONGKOK TERHADAP IHSG INDONESIA (Studi pada Bursa Efek Indonesia Periode September 2017- September 2018)

Devika Anggraeni Utami

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh peristiwa politik yang terjadi terhadap pasar modal di Indonesia yang terdaftar pada indeks saham gabugan LQ 45 terkena dampak atas terjadinya perang dagang negara adidaya antara Amerika Serikat dan Tiongkok apakah terdapat perubahan efisiensi pasar dengan melihat reaksi dengan menggunakan 2 proksi pengukuran yaitu abnormal return (AR) dan trading volume activity (TVA). Data penelitian ini menggunakan data sekunder yang diambil dari www.idx.com dan www.yahoofinance.com. Populasi dalam penelitian ini adalah Indeks gabungan LQ 45 yang ada di Bursa Efek Indonesia untuk pengambian data. Analisis data menggunakan uji kolmogorov-smirnov, uji T berpasangan dan uji wilcoxon signed rank. Hasil penelitian menunjukan bahwa tidak terdapaat perbedaan abnormal return yang signifikan sebelum dan sesudah perang dagang 7 hari awal dan setelah perang dagang. Penjelasan ini endukung reaksi pasar terjadi perubahaan efisiensi pasar dalam bentuk lemah. Dan kemudian tidak ada perbedaan trading volume activity diawal perang dagang dan setelah perang dagang sehingga tidak mempengaruhi efisiensi dipasar modal.

Kata kunci : pasar modal, efisiensi pasar, bentuk lemah, uji kolmogorov smirnov, uji T berpasangan dan uji wilcoxon signed rank


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.