IMPLEMENTASI STRATEGI CSR (CORPORATE SOCIAL RESPONSIBILITY) BANK JATIM CABANG BATU

Tio Septian Marsiona

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi dan implementasi strategi Corporate Social Responsibility (CSR) pada Bank Jatim cabang Batu. Jenis penelitian yang digunakan di dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dalam penelitian ini didapatkan melalui tiga sumber utama yaitu, studi kepustakaan, wawancara, dan dokumentasi. Data yang telah dikumpulkan kemudian dianalisis. Analisis data terdiri dari 3 alur kegiatan yaitu kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang digunakan oleh Bank Jatim dalam implementasi CSR yaitu strategi kombinasi. Dalam pelaksanaan CSR, bank jatim tidak hanya berfokus tanggung jawab yang berpijak pada single bottom line (SBL) atau nilai perusahaan (corporate value) dilihat dari segi kondisi ekonominya (financial) saja. Tapi lebih berpijak pada triple bottom line (TBL). Selain itu, bank jatim juga menggunakan manajemen CSR yang meliputi; pengumpulan informasi, kajian peluang dan masalah, membuat keputusan final, mengkomonikasikan dengan stakeholder dan melakukan evaluasi. Sejumlah program CSR yang berhasil dilaksanakan oleh Bank Jatim diantaranya; Lingkungan Hidup, Praktik Ketenagakerjaan, Kesehatan dan Keselamatan Kerja, dan Pengembangan Sosial dan Kemasyarakatan. Umumnya motif Bank Jatim dalam implementasi CSR terbagi dalam tiga tahap yang meliputi corporate charity, corporate philantrophy, dan corporate citizenship.

Kata Kunci : Strategi, Corporate Social Responsibility


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.