Pengaruh Brand Awareness, Perceived Price, dan Halal Label terhadap Purchase Decison (Studi pada Konsumen Snack Impor di Snackwood.id Kota Malang)

Saskya Chairunnisa

Abstract


Perkembangan impor di Indonesia setiap tahunnya mengalami peningkatan. Salah satunya perkembangan impor berdasarkan barang konsumsi, khususnya makanan dan minuman olahan untuk rumah tangga. Peningkatan permintaan barang impor konsumsi menjadi salah satu bukti gaya hidup baru masyarakat Indonesia, bahwa makanan atau minuman impor sudah tidak asing bagi mereka. Beberapa faktor yang dipertimbangkan dalam mengonsumsi snack impor antara lain brand awareness, perceived price, dan halal label. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh brand awareness, perceived price, dan halal label terhadap purchase decision snack impor di Snackwood.id Kota Malang. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah konsumen snack impor Snackwood.id di Kota Malang dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probabilitas sampel. Sampel yang digunakan sebanyak 144 responden, yang diperoleh dengan teknik purposive sampling dengan karakteristik konsumen yang berumur lebih dari 17 tahun, melakukan pembelian minimal satu kali dan berdomisili di Kota Malang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah kuesioner yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya yang kemudian diuji dengan menggunakan regresi linier berganda melalui perangkat lunak SPSS versi 25. Berdasarkan hasil pengujian data dari tiga hipotesis, disimpulkan bahwa variabel brand awareness, perceived price dan halal label berpengaruh secara positif dan signifikan dalam membangun keputusan pembelian snack impor di Snackwood.id Kota Malang.

Kata Kunci: Kesadaran Merek, Persepsi Harga, Label Halal, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.