ANALISIS PEMBENTUKAN BRAND LOVE PADA KONSUMEN ONLINE ART MERCHANDISE (Studi Kasus Pada Konsumen Online Art Merchandise Lokal Merek jellipeach)

Tirza Nesya Theodores

Abstract


Brand love atau kecintaan konsumen terhadap suatu merek merupakan konsep yang dapat menghasilkan banyak manfaat terutama dalam bidang pemasaran bagi perusahaan, seperti brand loyalty, positive word of mouth serta resistensi terhadap informasi negatif. Sehingga brand love menjadi konsep yang dapat diterapkan dalam bisnis terutama di masa awal. Pembentukan karakteristik brand love konsumen pada online shop merek lokal bernama jellipeach yang bergerak dalam bidang art merchandise atau produk dengan karya seni berupa ilustrasi menjadi fokus dalam penelitian ini. Dengan demikian, penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang dapat membuat konsumen mencintai merek jellipeach serta mencari upaya yang tepat untuk meningkatkan kecintaan konsumen terhadap merek jellipeach. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif dengan pengumpulan data melalui wawancara online pada konsumen jellipeach yang memiliki akun khusus untuk mengunggah review art merchandise merek lokal sebanyak lima orang, serta dianalisis menggunakan metode Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor desain atau style menjadi faktor utama dalam membentuk karakteristik brand love konsumen pada merek jellipeach. Selain itu, berinovasi dalam segi produk dan desain, menjaga hubungan baik dengan konsumen serta menjaga kualitas produk menjadi upaya-upaya yang harus dilakukan guna meningkatkan brand love pada konsumen jellipeach.

Kata kunci: Brand love, art merchandise, merek lokal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.