PENGARUH PERSEPSI RISIKO, KEPERCAYAAN DAN KEAMANAN TERHADAP MINAT BELI ONLINE MELALUI MEDIA SOSIAL (STUDI PADA KONSUMEN ONLINE SHOP)

Nabilah Maulidiyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi risiko, kepercayaan, dan keamanan terhadap minat beli online melalui media sosial. Objek penelitian pada pengguna media sosial secara umum, seperti facebook, instagram, twitter, dan lainnya. Sebanyak 126 responden di Jawa Timur yang datanya berhasil terkumpul melalui google form dihubungkan ke spreadsheet dengan metode purposive sampling. Analisis data dilakukan menggunakan regresi linear berganda dengan software SPSS 21. Hasil pengujian membuktikan bahwa variabel persepsi risiko tidak berpengaruh secara positif terhadap minat beli online melalui media sosial, sedangkan kepercayaan dan keamanan berpengaruh positif terhadap minat beli online melalui media sosial. Hasil penelitian sekaligus menunjukkan bahwa pengguna media sosial memiliki pengetahuan dan pengalaman yang cukup dalam mempersepsikan risiko, sedangkan kepercayaan dan keamanan di media sosial memang rentan terjadi masalah sehingga membutuhkan proses yang cukup baik agar mampu mempengaruhi konsumen di media sosial.

Kata Kunci: Persepsi risiko, kepercayaan, keamanan, minat beli online, media sosial.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.