FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT BELI VIRTUAL GOODS ONLINE GAMES MOBILE LEGENDS (STUDI PADA MAHASISWA DI YOGYAKARTA)

Taufiani Isti Idayanti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji factor-faktor yang mempengaruhi minat beli mahasiswa untuk membeli virtual goods dalam online games Mobile Legends didasarkan dengan teori perilaku konsumsi yaitu perceived usefulness, satisfaction, dan perceived enjoyment. Populasi dalam penelitian adalah mahasiswa Yogyakarta yang pernah membeli virtual goods dalam game Mobile Legends. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 100 responden dengan teknik snowball sampling. Penelitian menggunakan metode data kuantitatif yang diperoleh dengan menyebarkan kuesioner secara online melalui google form. Analisis data dilakukan dengan metode Partial Least Square (PLS) dengan software SmartPLS 3.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa perceived usefulness, satisfaction, dan perceived enjoyment berpengaruh positif secara langsung dan signifikan terhadap minat beli Mahasiswa untuk membeli virtual goods pada online games Mobile Legends. Hal ini berarti bahwa semakin tinggi tingkat perceived usefulness, satisfaction, dan perceived enjoyment yang dirasakan oleh mahasiswa pengguna Mobile Legends, maka semakin tinggi pula minat beli mereka akan virtual goods pada game Mobile Legends.

Kata kunci: perceived usefulness, satisfaction, perceived enjoyment, virtual goods, Mobile Legends


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.