PENGARUH HALAL AWARENESS, PENDAPATAN, DAN HARGA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN HALAL MUI (STUDI PADA MILENIAL MUSLIM DI KOTA MALANG)
Abstract
Indonesia menduduki peringkat pertama di dunia dalam mengonsumsi makanan halal pada tahun 2019. Tingginya tingkat penduduk muslim memicu tingginya permintaan terhadap makanan halal termasuk di Kota Malang yang memiliki penduduk dengan mayoritas muslim. Sebagai seorang muslim sudah seharusnya mengonsumsi barang halal sesuai yang ada pada teori perilaku konsumen muslim dan preferensi islami. Generasi milenial merupakan generasi terbesar setelah generasi Z di Kota Malang, sehingga penting untuk meneliti perilaku konsumen milenial muslim di Kota Malang pada keputusannya dalam membeli makanan halal. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh halal awareness, pendapatan, dan harga terhadap keputusan pembelian makanan halal MUI di Kota Malang. Sampel yang digunakan berjumlah 100 sampel dengan kriteria milenial muslim yang telah bekerja atau memiliki bisnis dan berdomisili di Kota Malang. Metode analisis menggunakan analisis deskriptif dan analisis regresi logistik. Hasil penelitian menemukan bahwa halal awareness berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan halal MUI dikarenakan milenial muslim di Kota Malang mempertimbangkan nilai-nilai agama yang mendorong untuk mengonsumsi makanan yang tersertifikasi halal MUI. Pendapatan dan harga tidak berpengaruh terhadap keputusan pembelian makanan halal MUI dikarenakan keteguhan milenial muslim di Kota Malang bahwa sebagai muslim harus tetap mengonsumsi makanan halal MUI berapapun pendapatan yang diterima dan berapapun harganya.
Kata Kunci : Keputusan Pembelian, Makanan Halal, Milenial
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.