ANALISIS PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDES) DALAM MENUNJANG PEMBANGUNAN EKONOMI DESA (STUDI KASUS BUMDES DI KECAMATAN NGANCAR KABUPATEN KEDIRI)

Amalia Indah Palupi

Abstract


Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) dibentuk untuk meningkatkan kemampuan Keuangan Pemerintah Desa dalam menyelenggarakan pemerintahan pembangunan dan kemasyarakatan, serta pengembangan potensi dan kekayaan desa guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui berbagai kegiatan usaha ekonomi masyarakat sesuai kebutuhan dan potensi Desa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengelolaan BUMDes dalam menunjang pembangunan ekonomi desa, dengan studi kasus BUMDes di Kecamatan Ngancar Kabupaten Kediri. Penelitian yang dilakukan merupakan penelitian kualitatif. Sampel penelitian mengunakan purposive sampling dengan informan yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD), Pengurus BUMDes Sempu Mandiri, BUMDes Toyo Makmur, BUMDes Margo Jaya, BUMDes Maju Makmur, BUMDes Guyub Rukun, BUMDes Sumber Makmur, BUMDes Sumber Agung, BUMDes Lancar Sejahtera, dan BUMDes Karya Mandiri, dan masyarakat yang berhubungan langsung dengan unit usaha yang dikelola oleh BUMDes. Teknik pengumpulan data yang dilakukan oleh peneliti adalah menggunakan kuisioner dan wawancara. Metode analisa data yang digunakan yaitu Kualitatif Deskriptif dan Analytical Hierarchy Process (AHP). Hasil penelitian membuktikan bahwa pengelolaan pada masing-masing BUMDes telah didapatkan karakteristik pengelolaan yang berbeda dalam implementasi indikator prioritas. BUMDes di Kecamatan Ngancar mendapat peran fasilitator dari Pemerintah Daerah yaitu Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pembangunan Desa (DPMPD). Eksistensi BUMDes juga berkontribusi terhadap pemberdayaan masyarakat desa.

Kata kunci: Pengelolaan BUMDes, Analytical Hierarchy Process (AHP), Kinerja BUMDes, Pemberdayaan Masyarakat, Pembangunan Ekonomi Desa.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.