PENERAPAN ANALISIS SOAR DALAM STRATEGI PENGEMBANGAN BISNIS CLOTHING LINE PARASITE CLOTH

Sebastian Suryadi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi yang tepat untuk pengembangan bisnis clothing line dan juga lingkungan strategi yang dimiliki dan dihadapi oleh Parasite Cloth. Parasite Cloth sendiri adalah sebuah usaha yang bergerak dibidang clothing line berbasis ecommerce. Penelitian ini berjenis kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan yakni, dokumentasi, observasi dan wawancara. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian yaitu pendeketan 5-I (Initiate, Inquire, Imagine, Innovate, Implement) dan analisis SOAR (Strengths, Opportunities, Aspirations, Results). Hasil dari peneletian ini menunjukan bahwa strategi yang bisa dilakukan oleh parasite cloth yakni 1. Strategi penetrasi pasar dengan melakukan pemasaran yang lebih baik lagi mulai dari melakukan pemasaran melalui social media, E commerce, endorsment dari orang yang memiliki banyak followers dan membuat konten-konten menarik yang dapat memikat banyak pelanggan. 2. Strategi pengembangan produk dengan membuat lebih banyak variasi produk yang sedang mengalami kenaikan tren dan banyak diminati konsumen.

Kata Kunci : Pendekatan 5-I, Analisis SOAR, strategi penetrasi pasar, strategi pengembangan produk


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.