PENGARUH PERSEPSI MANFAAT DAN PERSEPSI KEMUDAHAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MENGGUNAKAN GO-PAY (Studi Pada Mahasiswa/i S1 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Piarman Harefa

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi manfaat dan persepsi kemudahan terhadap keputusan konsumen menggunakan Go-Pay. Fitur layanan Go-Pay merupakan dompet elektronik (e-wallet) atau alat bayar elektronik yang memberikan kemudahan dalam bertransaksi dan kesempatan untuk mengumpulkan reward di berbagai merchant. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa/i S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan fitur layanan Go-Pay. Sampel penelitian yaitu 100 mahasiswa/i yang pernah menggunakan fitur layanan Go-Pay minimal dua kali bertransaksi. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan analisis data menggunakan program SPSS v21. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi manfaat memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan dan persepsi kemudahan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan konsumen menggunakan Go-Pay.

Kata Kunci: fitur layanan Go-Pay, persepsi manfaat, persepsi kemudahan, keputusan menggunakan


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.