PENGARUH FAKTOR PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN, AKSESIBILITAS DAN PENDAPATAN TERHADAP KEPUTUSAN KONSUMEN MELAKUKAN “SHOPPING CHARITY” PROGRAM LEMBAGA AKSI CEPAT TANGGAP MALANG (Studi Pada Konsumen followers akun instagram “Zaco.id”)

Nabilah Aprillia Putri

Abstract


Keadaan yang seketika berubah di awal tahun 2020 karena adanya virus corona yang menyebar di seluruh dunia membuat banyaknya perusahaan yang gulung tikar atau melakukan PHK besar-besaran dan membuat banyak penduduk Indonesia kehilangan pekerjaannya dan memilih untuk mencoba berbisnis online. Peluang adanya peningkatan pedagang online ini dimanfaatkan oleh lembaga Aksi Cepat Tanggap untuk membuat program yang tujuannya untuk saling membantu sesama umat muslim yaitu program “Shopping Charity”. Pada penelitian ini berfokus dalam melihat pengaruh berbagai faktor yang mempengaruhi keputusan dalam melakukan shopping charity program Aksi Cepat Tanggap Malang khususnya pada konsumen Zaco.id salah satu online shop yang berada di Kota Batu. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode analisis regresi logistic, sumber data pada penelitian ini sendiri bersumber dari kuisioner yang disebarkan dan diisi oleh konsumen Zaco.id. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa secara simultan keempat variabel berpengaruh bersama-sama terhadap keputusan konsumen melakukan shopping charity program ACT Malang. Secara parsial keempat variabel pada penelitian ini juga berpengaruh signifikan terhadap keputusan konsumen melakukan shopping charity program ACT Malang.

Kata kunci: Keputusan, Shopping Charity, Konsumen,


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.