PENGARUH PENGETAHUAN, KEPERCAYAAN, DAN MEDIA SOSIAL TERHADAP MINAT MASYARAKAT BERDONASI VIA PLATFORM CROWDFUNDING KITABISA.COM (Studi Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya)

Raisa Athirah Amalina

Abstract


Charities Aid Foundation (CAF) World Giving Index 2018 menobatkan Indonesia selaku negeri sangat dermawan di dunia dengan skor 59 persen. Dengan jumlah populasi muslim sebanyak 260 juta orang, maka Indonesia sangat potensial untuk menggalang dana dengan jumlah banyak untuk didonasikan. Kitabisa.com sebagai objek penelitian. Kitabisa.com merupakan platform crowdfunding yang berfokus pada pencarian dana amal dan sukarela dengan tujuan kemanusiaan dan pendidikan dibandingkan dengan bisnis bisnis lainnya yang sudah dikenal banyak oleh masyarakat Indonesia. Aktivitas berdonasi bisa di kategorikan sebagai infaq. Penggunaan platform crowdfunding individu tidak perlu mencari kotak amal atau mendatangi lembaga tertentu. Individu hanya perlu megakses aplikasi atau website crowdfunding tertentu dan melakukan transaksi menggunakan metode transfer atm, mobile banking, internet banking, atau fintech lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengetahuan dan kepercayaan konsumen serta peran media sosial terhadap minat masyarakat menggunakan platform crowdfunding Kitabisa.com. Data penelitian merupakan data primer yang diperoleh melalui kuisioner dengan skala Likert 1-3. Populasi penelitian merupakan mahasiswa aktif FEB UB Angkatan 2017 – 2020 yang pernah melakukan donasi menggunakan platform crowdfunding Kitabisa.com lalu berminat berdonasi kembali dan yang belum pernah namun mengetahui platform crowdfunding Kitabisa.com. Metode analisis yang digunakan adalah Analisis Ordinal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengetahuan, kepercayaan, dan media sosial bersama-sama mempengaruhi minat masyarakat berdonasi via platform crowdfunding Kitabisa.com secara signifikan.

Kata kunci: Berdonasi, Crowdfunding, Kitabisa.com


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.