ANALISIS PENGARUH KUALITAS PRODUK, HARGA DAN MEREK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI PADA KONSUMEN WARUNG PECEL BLEDEX & GLUDUX BU TUTIK KOTA MALANG)

RESKA MAYA SARI

Abstract


Penulisan penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas produk, harga dan merek terhadap keputusan pembelian konsumen Warung Pecel Bledex & Gludux Bu Tutik Kota Malang. Jumlah sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu 100 responden. Penelitian ini menggunakan metode non probability sampling dengan pendekatan kuantitatif karena dilatar belakangi oleh tujuan awal penelitian yaitu menjelaskan pengaruh yang dominan antara variabel kualitas produk, harga, dan merek, kemudian menguji hipotesis yang telah dirumuskan sebelumnya. Analisis data dilakukan dengan menguji uji asumsi klasik dan pengujian hipotesis dengan menggunakan analisis regresi linier berganda yang diolah menggunakan program SPSS 20.0 for Windows. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka disimpulkan bahwa 1) Kualitas produk berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikanisi 0,002 < 0,05. 2) Harga berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikasni 0,000 < 0,05. 3) Merek berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian dengan nilai signifikansi 0,002 < 0,05. Besarnya koefisien determinasi adjusted (R2) ketiga variabel independen tersebut terhadap keputusan pembelian konsumen Warung Pecel Bledex & Gludux Bu Tutik Kota Malang adalah sebesar 63% sedangkan 47% variabel keputusan pembelian akan dipengaruhi oleh variabel-variabel yang lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Kualitas Produk, Harga, Merek, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.