ANALISIS PENGARUH LITERASI KEUANGAN DAN PENGGUNAAN ELECTRONIC COMMERCE TERHADAP KINERJA PELAKU USAHA KECIL DAN MENENGAH (UKM) (Studi Kasus Pelaku Usaha Kecil dan Menengah Kota Malang)

Riza Santika Banowaty

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pengaruh Literasi Keuangan dan penggunaan ECommerce terhadap kinerja pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), Studi kasus pelaku usaha kecil dan menengah kota Malang. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif pendekatan kuantitatif, yang di ukur dengan menggunakan model PLS-R dengan Smart PLS 3.2.9. Populasi dari penelitian ini adalah pelaku usaha kecil dan menengah kota malang. Sampel yang ditentukan berdasarkan perhitungan rumus solvin, dengan jumlah sebanyak 100 sampel pelaku usaha kecil dan menengah. Data ini digunakan dalam penelitian ii, berupa data sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan metode dokumentasi berupa buku, jurnal dan website pengujian hipotesis menggunakan uji outer model, Uji Inner Model, Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji T Statistik, Uji Probability Values dan R Square. Berdasarkan Hasil dan pembahasan parsial menunjukkan bahwa keterampilan keuangan & Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap sumber pendanaan, keterampilan keuangan & Informasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap platform online, sumber pendanaan berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap kinerja UKM, variabel platform online berpengaruh negatif dan signifikan terhadap kinerja UKM.

Kata Kunci : Literasi Keuangan, E-Commerce dan Kinerja UKM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.