PENGARUH STRES AKADEMIK DAN MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR MAHASISWA JURUSAN MANAJEMEN FEB UB DI MASA PANDEMI COVID 19
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres akademik dan motivasi belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan manajemen FEB UB. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dan analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS versi 21 yang menjelaskan hubungan dan pengaruh antar satu variabel dengan variabel lainnya melalui pengajuan hipotesis. Penelitian ini menggunakan populasi sebanyak 106 responden yang diperoleh dari mahasiswa jurusan manajemen FEB UB, dengan penyebaran kuesioner secara online. Hasil pengujian terhadap ketiga hipotesis dapat disimpulkan bahwa stres akademik dan motivasi belajar memiliki pengaruh signifikan terhadap prestasi belajar mahasiswa jurusan manajemen FEB UB. Selain itu stres akademik dan prestasi belajar berpengaruh positif yang signifikan. Hasil uji Koefisien Determinasi menunjukan bahwa nilai variabel Stres Akademik dan Motivasi Belajar secara simultan berpengaruh terhadap variabel prestasi belajar sebesar 61,2% sedangkan sisanya sebesar 38,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas pada penelitian ini.
Kata Kunci : Stres akademik, Motivasi belajar, dan Prestasi belajar.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See The Effect of Open Access).