Analisis Perumusan Strategi Pengembangan Bisnis Kuliner Pada UMKM Jiycake

Rosanna Kaltsum

Abstract


Persaingan bisnis kuliner di Indonesia semakin ketat setiap harinya. Banyak usaha kecil dan menengah yang bermunculan dan membuat setiap pengusaha dituntut untuk dapat terus bersaing dalam pasar. Agar suatu bisnis dapat terus berjalan dan berkembang, maka dibutuhkan perencanaan strategi yang matang untuk keberlangsungan suatu usaha. JIYCAKE merupakan salah satu bisnis UMKM yang sudah berjalan selama satu tahun, tetapi selama perjalanan ini masih bisa dikatakan keuntungan dan pendapatan yang diperoleh JIYCAKE masih tidak stabil. Hal ini dikarenakan sejak awal memulai bisnis tersebut tidak ada perencanaan yang matang, sehingga JIYCAKE tidak bisa mencapai tujuan yang sudah direncanakan. Hal tersebut merupakan salah satu alasan yang melatarbelakangi adanya penelitian ini. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis apa saja faktor internal dan eksternal, keunggulan dan kelemahan, serta peluang dan ancaman yang dimiliki JIYCAKE sehingga peneliti dapat melakukan formulasi atau penentuan strategi apa yang akan digunakan untuk keberlangsungan bisnis tersebut. Metode penelitan yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Sumber yang diperoleh dari penelitian ini berupa data primer dari wawancara, serta data sekunder yang diperoleh melalui jurnal, dokumen, dan lain-lain. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Matriks IFE-EFE, Matriks SWOT, Matriks IE dan Matriks QSPM. Hasil akhir dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi yang tepat untuk diaplikasikan oleh JIYCAKE yaitu penetrasi pasar dan pengembangan produk.

Kata Kunci: Kuliner, strategi, pengembangan usaha, strategi penetrasi pasar.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.