PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL TERHADAP TINGKAT PEMAHAMAN AKUNTANSI (Studi pada Mahasiswa Tingkat Akhir di Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Jurusan Akuntansi, Universitas Brawijaya)

Ongky Ansharullah, Grace Widijoko

Abstract


Penelitian ini menguji pengaruh kecerdasan emosional terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Kecerdasan emosional diukur dengan pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial, sedangkan tingkat pemahaman akuntansi diukur dengan  nilai-nilai mata kuliah di bidang akuntansi. Yang diwakili oleh mata kuliah PA 1, PA 2, AK 1, AK 2, AKL.

Menggunakan kuesioner dengan skala likert, yang diadopsi dari Trisnawati dan Suryaningrum (2002). Alat analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda. Hasil analisis menunjukkan pengaruh kecerdasan emosional yang terdiri dari pengenalan diri, pengendalian diri, motivasi, empati, dan keterampilan sosial dalam penelitian ini secara berurutan mempunyai pengaruh positif terhadap pemahaman akuntansi.

Hasil penelitian menunjukkan signifikansi dari masing-masing elemen yaitu sebesar: pengenalan diri (0,027), pengendalian diri (0,016), motivasi (0,012), empati (0,010), dan keterampilan sosial (0,010). Adjusted R2 diperoleh sebesar 0,745, yang berarti 74,5% perubahan tingkat pemahaman akuntansi dipengaruhi oleh variabel pengenalan diri, variabel pengendalian diri, variabel motivasi, variabel empati, dan variabel keterampilan sosial.

Pengenalan diri, pengendalian diri, dan motivasi secara stastistik berpengaruh signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Sedangkan empati dan keterampilan sosial secara statistik tidak berpengaruh secara signifikan terhadap tingkat pemahaman akuntansi. Hal ini bisa saja disebabkan karena banyaknya faktor-faktor diluar faktor kecerdasan emosial yang berpengaruh dalam kehidupan individual, dalam hal ini mahasiswa. Banyak faktor lain yang tidak teramati dalam penelitian ini, misalnya faktor tekanan mental, lingkungan pergaulan, trauma kegagalan, masalah pribadi, kegiatan diluar kampus, budaya, atau bisa saja disebabkan perilaku belajar mahasiswa.

 

Kata kunci: kecerdasan emosional, pemahaman akuntansi, pendidikan, perilaku mahasiswa

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.