ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT INDIVIDU DALAM BERINVESTASI REKSA DANA DI APLIKASI BIBIT (Studi Kasus pada Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Angkatan 2017-2020, Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Universitas Brawijaya)

Gabriella Esther Rulianti

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor seperti persepsi kemudahan, persepsi manfaat, risiko dan pengaruh lingkungan yang dapat mempengaruhi minat individu dalam berinvestasi reksa dana di aplikasi Bibit. Model yang diusulkan memiliki faktor-faktor dari Technology Acceptance Model (TAM) dan Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT). Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode survei dengan membagikan kuesioner online. Pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat individu dalam berinvestasi reksa dana di aplikasi Bibit dipengaruhi secara signifikan dan positif oleh persepsi manfaat daan pengaruh lingkungan. Sebaliknya, persepsi kemudahan dan risiko tidak mempengaruhi minat individu dalam berinvestasi reksa dana di aplikasi Bibit. Dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi persepsi manfaat dan pengaruh lingkungan, maka akan semakin tinggi efek terhadap minat individu dalam berinvestasi reksa dana di aplikasi Bibit.

Kata Kunci : Technology Acceptance Model (TAM), Unified Theory of Acceptance and Use of Technology (UTAUT), Persepsi Kemudahan, Persepsi Manfaat, Risiko, Pengaruh Lingkungan dan Minat Individu.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.