ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PEMILIHAN KARIR MAHASISWA AKUNTANSI SEBAGAI AKUNTAN PUBLIK (Studi pada Mahasiswa S1 Jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya Malang)

Muhammad Rachmatul Huda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa akuntansi yaitu penghargaan finansial, lingkungan kerja, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, dan pertimbangan pasar kerja dalam memilih karir sebagai akuntan publik. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa S1 jurusan akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang. Metode pengambilan sampel dengan menggunakan rumus slovin yang menghasilkan sampel sebanyak 91 mahasiswa dari total keseluruhan sampel sebanyak 1.000 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan secara online. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah statistik deskriptif, uji kualitas data, analisis regresi logistik, uji kelayakan model regresi, dan uji hipotesis (uji omnibus simultan, koefisien determinasi, dan uji parsial) dengan menggunakan program SPSS 25. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa penghargaan finansial, lingkungan kerja, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, dan pertimbangan pasar kerja tidak berpengaruh namun positif terhadap pemilihan karir mahasiswa akuntansi sebagai akuntan publik. Hasil analisis menunjukkan bahwa penghargaan finansial, lingkungan kerja, pelatihan profesional, pengakuan profesional, nilai-nilai sosial, dan pertimbangan pasar kerja berpengaruh secara simultan atau bersamaan terhadap pemilihan karir mahasiswa akuntansi sebagai akuntan publik.

Kata kunci: Pemilihan Karir, Akuntan Publik, Penghargaan Finansial, Lingkungan Kerja, Pelatihan Profesional, Pengakuan Profesional, Nilai-nilai Sosial, dan Pertimbangan Pasar Kerja.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.