ANALISIS KEPERILAKUAN PENGGUNA E-FILING WAJIB PAJAK ORANG PRIBADI DI MALANG BERDASARKAN TECHNOLOGY ACCEPTANCE MODEL (TAM)

Sahala Rizkita Damsis

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, persepsi keamanan terhadap minat pengguna, dan minat pengguna terhadap pengguna aktual e-filing Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Malang Selatan. Penelitian ini mengadopsi teori Technology Acceptance Model (TAM). Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Objek penelitian ini 100 Wajib Pajak Orang Pribadi yang terdaftar di KPP Pratama Malang Selatan dan pernah menggunakan e-filing dalam melaporkan pajaknya. Data dikumpulkan dengan menggunakan metode kuesioner dan teknik convenience sampling. Data dianalisis menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS 3.0. Hasil pengujian menunjukkan bahwa persepsi kegunaan, persepsi kemudahan penggunaan, dan persepsi keamanan berpengaruh terhadap minat pengguna e-filing. Minat pengguna berpengaruh terhadap pengguna aktual e-filing.

Kata kunci: Persepsi kegunaan, Persepsi Kemudahan Penggunaan, dan Persepsi Keamanan, Technology Acceptance Model (TAM), E-filing.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.