PENGARUH CITRA MEREK, KETIDAKPUASAN KONSUMEN DAN MENCARI VARIASI TERHADAP PERPINDAHAN MEREK

Satria Jaluardhi Sasmita

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis pengaruh citra merek, ketidakpuasan konsumen, mecari variasi terhadap perpindahan merek pada masyarakat Kabupaten Tulungagung yang menggunakan smartphone merek Samsung yang sebelumnya menggunakan smartphone merek lain. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel 180 responden, 180 responden tersebut adalah individu yang berusia 17 tahun keatas, menggunakan produk smartphone merek Samsung yang sebelumnya menggunakan smartphone merek lain, dan bertempat tinggal di Kabupaten Tulungagung. Pengambilan sampel menggunakan metode non probability sampling dengan teknik porposive sampling. Analisis data yang dilakukan adalah analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa citra merek, ketidakpuasan konsumen, dan mencari variasi secara signifikan mempengaruhi perpindahan merek pengguna smartphone merek Samsung yang sebelumnya menggunakan smartphone merek lain pada masyarakat Kabupaten Tulungagung. Hasil ini berarti bahwa perpindahan pengguna smartphone merek Samsung yang sebelumnya menggunakan merek lain pada masyarakat Kabupaten Tulungagung dipengaruhi oleh citra merek, ketidakpuasan konsumen, dan pmencari variasi.

Kata Kunci: citra merek, ketidakpuasan konsumen, mencari variasi, perpindahan merek


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.