PENGARUH CELEBRITY ENDORSER DAN BRAND AWARENESS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN ONLINE PADA SITUS MARKETPLACE SHOPEE (Studi Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)

RAHMAWAN HIDAYAT

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh celebrity endorser dan brand awareness terhadap keputusan pembelian online pada situs marketplace shopee. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausal antara variabel-variabel melalui pengujian hipotesis. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 140 responden. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan karakteristik mahasiswa universitas brawijaya dan pernah melakukan pembelian melalui marketplace shopee minimal sebanyak 2 kali pembelian. Penelitian ini menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji hipotesis. Teknik analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda dengan menggunakan SPSS 25. Berdasarkan hasil pengujian dapat disimpulkan bahwa variabel celebrity endorser berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan t hitung > t tabel (2,525 >1,977) dan sig α = 0,013 < 0,050 dan brand awareness berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian, hal ini dibuktikan dengan t hitung (7,084 > 1,977) dan sig α = 0,000 < 0,050.

Kata kunci: celebrity endorser, brand awareness, keputusan pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.