Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Mega Beton (Pusat Penjualan Besi & Baja Ringan) Di Cirendeu, Tangerang
Abstract
Kualitas pelayanan terhadap kepuasan konsumen dapat memberikan kontribusi kepada
perusahaan dalam meningkatkan pendapatan jangka panjangnya adalah pada sejauh mana
kemampuan perusahaan atau organisasi melayani atau memberi pelayanan secara maksimal
kepada para pelanggannya secara sistematis dan terprogram yang tidak melanggar nilai-nilai
etika dalam sebuah bisnis. Dengan pelayanan yang sangat baik tentunya pelanggan akan merasa
senang dan nyaman ketika berbelanja, dengan demikian konsumen tidak hanya terpenuhi
kebutuhan fisik yang berupa berbelanja, akan tetapi kebutuhan psikis yang berupa kebahagiaan
dan kenyamanan dapat terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empaty terhadap kepuasan
pelanggan Pada Mega Beton (Pusat Penjualan Besi & Baja Ringan) Di Cirendeu, Jakarta, baik
secara simultan maupun secara parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai
pengaruh dominan.
Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 170 orang
yang dipilih menggunakan purposive sampling (judgement sampling). Dalam pengumpulan data,
peneliti menggunakan metode kuesioner dan dilengkapi dengan wawancara, observasi dan
dokumen. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Pengujian secara simultan memberikan kesimpulan bahwa kelima variabel kualitas
pelayanan yang terdiri dari variabel bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empaty
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa
secara parsial hanya variabel keandalan, dan empaty yang memiliki pengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Variabel empaty merupakan variabel yang paling dominan. Dari Uji
Determinasi (R2
) diperoleh hasil sebesar 0,356, yang artinya 35,6% kepuasan pelanggan
dipengaruhi oleh variabel bebas yang diteliti, yaitu variabel bukti fisik, keandalan, ketanggapan,
jaminan, dan empaty, Sedangkan sisanya yang 64,4% merupakan variabel lain yang tidak
terdeteksi dalam penelitian ini.
Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
perusahaan dalam meningkatkan pendapatan jangka panjangnya adalah pada sejauh mana
kemampuan perusahaan atau organisasi melayani atau memberi pelayanan secara maksimal
kepada para pelanggannya secara sistematis dan terprogram yang tidak melanggar nilai-nilai
etika dalam sebuah bisnis. Dengan pelayanan yang sangat baik tentunya pelanggan akan merasa
senang dan nyaman ketika berbelanja, dengan demikian konsumen tidak hanya terpenuhi
kebutuhan fisik yang berupa berbelanja, akan tetapi kebutuhan psikis yang berupa kebahagiaan
dan kenyamanan dapat terpenuhi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis
pengaruh bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empaty terhadap kepuasan
pelanggan Pada Mega Beton (Pusat Penjualan Besi & Baja Ringan) Di Cirendeu, Jakarta, baik
secara simultan maupun secara parsial serta untuk mengetahui variabel mana yang mempunyai
pengaruh dominan.
Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif. Subjek penelitian berjumlah 170 orang
yang dipilih menggunakan purposive sampling (judgement sampling). Dalam pengumpulan data,
peneliti menggunakan metode kuesioner dan dilengkapi dengan wawancara, observasi dan
dokumen. Sedangkan metode analisis yang digunakan adalah regresi linier berganda.
Pengujian secara simultan memberikan kesimpulan bahwa kelima variabel kualitas
pelayanan yang terdiri dari variabel bukti fisik, keandalan, ketanggapan, jaminan, dan empaty
berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan. Hasil analisis juga menunjukkan bahwa
secara parsial hanya variabel keandalan, dan empaty yang memiliki pengaruh signifikan terhadap
kepuasan pelanggan. Variabel empaty merupakan variabel yang paling dominan. Dari Uji
Determinasi (R2
) diperoleh hasil sebesar 0,356, yang artinya 35,6% kepuasan pelanggan
dipengaruhi oleh variabel bebas yang diteliti, yaitu variabel bukti fisik, keandalan, ketanggapan,
jaminan, dan empaty, Sedangkan sisanya yang 64,4% merupakan variabel lain yang tidak
terdeteksi dalam penelitian ini.
Kata kunci: kualitas pelayanan, kepuasan pelanggan
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.