PERENCANAAN STRATEGI PEMASARAN SAYUR ORGANIK PADA USAHA PUSAKA AGRO

Fathur Rahman Saeri

Abstract


Perencanaan dalam menentukan strategi pemasaran merupakan alternatif tindakan perusahaan untuk mewujudkan visi dan misi yang terbaik. Pusaka Agro merupakan usaha rintisan yang memiliki kekurangan dalam hal pemasaran produknya, sehingga usaha ini perlu dilakukan review cara pemasaran dengan melakukan perencanaan strategi pemasaran guna dapat meningkatkan penjualan. Berangkat dari masalah tersebut maka usaha Pusaka Agro perlu dibuatkan perencanaan yang berfokus pada startegi pemasaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif dengan objek penelitian usaha Pusaka Agro. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor internal dan eksternal serta mengetahui posisi perusahaan sehingga mengetahui strategi pemasaran yang tepat. Metode analisis data yang digunakan pada penelitian ini adalah Matriks IFE, EFE, IE, SWOT, dan QSPM. Matriks IFE menghasilkan skor 2,36 dan Matriks EFE menghasilkan skor 2,73 sehingga posisi perusahaan pada Matriks IE berada pada kuadran II yaitu tumbuh dan membangun. Hasil penelitian menghasilkan dua alternatif strategi yaitu pengembangan produk dan penetrasi pasar.

Kata Kunci : Perencanaan, Strategi, Pemasaran, Matriks


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.