AUDIT MANAJEMEN FUNGSI PEMASARAN (STUDI KASUS PADA PABRIK ROKOK SANGGORO SUKSES MAKMUR MALANG)
Abstract
Audit manajemen yang dilakukan terhadap fungsi pemasaran PR. Sanggoro
Sukses Makmur Malang ini bertujuan untuk menilai tingkat efektivitas kinerja
pemasaran, untuk mengetahui penyebab terjadinya inefektivitas dalam kegiatan
operasional perusahaan khususnya fungsi pemasaran, dan memberikan rekomendasi
terhadap setiap temuan audit agar dapat diambil tindakan perbaikan. Penelitian ini
berbentuk studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif,
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi,
dokumentasi, dan kuisioner. Penilaian efektivitas kinerja pemasaran dianalisis dan
dievaluasi dengan membandingkan antara kriteria, sebab, akibat, dan pemberian
rekomendasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis secara keseluruhan,
dapat disimpulkan bahwa fungsi pemasaran di Pabrik Rokok Sanggoro Sukses
Makmur telah berjalan efektif, sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku,
meskipun ada salah satu fungsi yang dapat dinyatakan belum efektif yaitu organisasi
pemasaran. Berdasarkan temuan dalam penelitian, maka ada beberapa rekomendasi
dan saran untuk perbaikan dalam mengembangkan fungsi pemasaran Pabrik Rokok
Sanggoro Sukses Makmur untuk di masa yang akan datang.
Kata kunci : audit manajemen, efektivitas, fungsi pemasaran.
Sukses Makmur Malang ini bertujuan untuk menilai tingkat efektivitas kinerja
pemasaran, untuk mengetahui penyebab terjadinya inefektivitas dalam kegiatan
operasional perusahaan khususnya fungsi pemasaran, dan memberikan rekomendasi
terhadap setiap temuan audit agar dapat diambil tindakan perbaikan. Penelitian ini
berbentuk studi kasus dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif,
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi,
dokumentasi, dan kuisioner. Penilaian efektivitas kinerja pemasaran dianalisis dan
dievaluasi dengan membandingkan antara kriteria, sebab, akibat, dan pemberian
rekomendasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis secara keseluruhan,
dapat disimpulkan bahwa fungsi pemasaran di Pabrik Rokok Sanggoro Sukses
Makmur telah berjalan efektif, sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku,
meskipun ada salah satu fungsi yang dapat dinyatakan belum efektif yaitu organisasi
pemasaran. Berdasarkan temuan dalam penelitian, maka ada beberapa rekomendasi
dan saran untuk perbaikan dalam mengembangkan fungsi pemasaran Pabrik Rokok
Sanggoro Sukses Makmur untuk di masa yang akan datang.
Kata kunci : audit manajemen, efektivitas, fungsi pemasaran.
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.