AUDIT MANAJEMEN FUNGSI PEMASARAN (STUDI KASUS PADA PABRIK ROKOK SANGGORO SUKSES MAKMUR MALANG)

Aldilla Rizki Aulia, Roekhu din

Abstract


Audit manajemen yang dilakukan terhadap fungsi pemasaran  PR. Sanggoro
Sukses Makmur  Malang ini bertujuan untuk menilai tingkat efektivitas kinerja
pemasaran, untuk mengetahui penyebab terjadinya inefektivitas dalam kegiatan
operasional perusahaan khususnya fungsi pemasaran, dan memberikan rekomendasi
terhadap setiap temuan audit agar dapat diambil tindakan perbaikan.  Penelitian  ini
berbentuk studi kasus dengan menggunakan metode  kualitatif  deskriptif,
pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode wawancara, observasi,
dokumentasi,  dan kuisioner. Penilaian efektivitas kinerja pemasaran dianalisis dan
dievaluasi dengan membandingkan antara  kriteria,  sebab,  akibat, dan pemberian
rekomendasi. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dianalisis secara keseluruhan,
dapat disimpulkan bahwa fungsi  pemasaran di Pabrik Rokok Sanggoro Sukses
Makmur  telah berjalan efektif, sesuai dengan kebijakan dan peraturan yang berlaku,
meskipun ada salah satu fungsi yang dapat dinyatakan belum efektif yaitu organisasi
pemasaran. Berdasarkan temuan dalam penelitian, maka ada beberapa rekomendasi
dan saran untuk perbaikan dalam mengembangkan fungsi pemasaran Pabrik Rokok
Sanggoro Sukses Makmur untuk di masa yang akan datang.
Kata kunci : audit manajemen, efektivitas, fungsi pemasaran.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.