FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MINAT MASYARAKAT DALAM MEMILIH BANK SYARIAH (STUDI DESA TAROKAN KABUPATEN KEDIRI)

Yeti Dwi Lestari

Abstract


Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor yang mempengaruhi minat masyarakat Desa Tarokan dalam memilih Bank Syariah. Dengan variabel independen pengetahuan, produk, pelayanan dan lokasi terhadap minat masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik analisis regresi logistik dan alat bantu SPSS 26. Data yang digunakan merupakan data primer yang diperoleh melalui kuisioner. Metode sampling yang digunakan adalah random sampling, dilakukan uji validitas dan reliabilitas sebelum melakukan analisis data. Setelah itu data yang berskala likert diubah menjadi data interval dengan bantuan MSI (Method of Successive Interval) sebelum dilakukan regresi logistik. Hasil regresi menunjukan variabel pengetahuan, produk, pelayanan dan lokasi secara simultan berpengaruh terhadap minat masyarakat Desa Tarokan dalam memilih bank syariah. Secara parsial variabel pengetahuan dan lokasi perpengaruh signifikan terhadap minat masyarakat Desa Tarokan dalam memilih Bank Syariah sedangkan variabel produk dan pelyananan tidak berpengaruh secara signifikan terhadap minat masyarakat Desa Tarokan dalam memilih Bank Syariah.

Kata Kunci: Pengetahuan, Produk, Pelayanan, Lokasi, Bank Syariah


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.