Pengaruh Ekuitas Merek Terhadap Keputusan Pembelian Sepatu Compass (Studi Pada Mahasiswa di Kota Malang)

Rizki Kustian

Abstract


Fenomena persaingan yang saat ini meramaikan pasar khususnya kategori sneakers buatan lokal di Indonesia membuat produsen sepatu harus membangun suatu merek untuk membedakan produk mereka dari produk pesaing melalui ekuitas merek. Ekuitas merek yang kuat dapat mengembangkan suatu merek dalam persaingan jangka panjang. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh ekuitas merek yang terdiri dari kesadaran merek, kualitas yang dirasakan, asosiasi merek, dan loyalitas merek terhadap keputusan pembelian. Jenis penelitian ini adalan penelitian eksplanatori yang menjelaskan mengenai hubungan antar variabel. Teknik pengambilan sampel menggunakan non-probability sampling dengan metode purposive sampling. Jumlah sampel yang digunakan sebanyak 153 responden dengan ketentuan berusia minimal 18 tahun, pernah membeli produk Compass, dan merupakan mahasiswa di Kota Malang. Teknik analisis data adalah regresi linier berganda yang dibantu oleh alat analisis IBM SPSS 25. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kesadaran merek, kualitas yang dirasakan, asosiasi merek, dan loyalitas merek memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian sepatu Compass.

Kata kunci: Kesadaran Merek, Kualitas yang dirasakan, Asosiasi Merek, Loyalitas Merek, Keputusan Pembelian.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.