PENGARUH PENGALAMAN BERBELANJA, KEPERCAYAAN KONSUMEN DAN PROMOSI TERHADAP MINAT BELI. (Studi pada Aplikasi Toko Online Shopee pada Masa Pandemi di Mataram)

Jihan Munatsir

Abstract


Pandemi Covid-19 yang melanda dunia sejak akhir tahun 2019 telah membawa perubahan bagi kehidupan, salah satunya dalam kegiatan berbelanja. Namun berbagai kebijakan pemerintah untuk mencegah penyebaran pandemi Covid-19 menyebabkan terbatasnya aktivitas yang dapat dilakukan masyarakat. Salah satunya dalam kegiatan berbelanja, fenomena ini memicu gaya hidup baru pada lingkungan masyarakat. Masyarakat menggunakan internet untuk melakukan berbagai macam aktivitas, salah satunya adalah dalam kegiatan berbelanja. E-commerce seperti Shopee hadir untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara online. Kota Mataram merupakan salah satu pengguna aplikasi toko online Shopee yang mengalami peningkatan. Beberapa faktor yang dipertimbangkan oleh pengguna aplikasi toko online Shopee antara lain adalah pengalaman berbelanja, kepercayaan konsumen, dan promosi. Berbelanja melalui online tidak memerlukan kontak fisik yang dianggap dapat mengurangi risiko penularan virus Covid-19. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel pengalaman berbelanja, kepercayaan konsumen, dan promosi terhadap minat beli penggunaan aplikasi toko online Shopee di Kota Mataram pada masa pandemi Covid-19. Jenis penelitian ini adalah explanatory research yang menjelaskan hubungan kausalitas antara variabel melalui hipotesis. Populasi dalam penelitian ini adalah pengguna aplikasi toko online Shopee di Kota Mataram pada masa pandemi Covid-19. Sampel yang digunakan adalah pengguna aplikasi toko online Shopee sebanyak 140 sampel yang diperoleh dengan teknik purposive sampling dengan karakteristik responden yang menggunakan aplikasi toko online Shopee pada masa pandemi Covid-19 di Kota Mataram. Instrumen pengumpulan data menggunakan skala likert yang kemudian diuji menggunakan analisisi regresi linear berganda melalui aplikasi SPSS versi 25. Hasil pengujian data menunjukan bahwa pengalaman berbelanja, kepercayaan konsumen, dan promosi berbengaruhsignifikan terhadaap minat beli pengguna aplikasi toko online Shopee di Kota Mataram pada masa pandemi Covid-19.

Kata kunci: Pengalaman Berbelanja, Kepercayaan Konsumen, Promsi, Minat Beli, Shopee, Pandemi Covid-19.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.