UJI BEDA KUALITAS LAYANAN PADA COFFESHOP ASING DAN COFFESHOP LOKAL (STUDI PADA KONSUMEN STARBUCKS DAN RETRORIKA)

Sultan Khafin Zulkarnaen

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji perbedaan antar variable kualitas layanan yang terdiri dari kualitas interaksi, kualitas lingkungan fisik, dan kualitas hasil berdasarkan pada apa yang dirasakan oleh konsumen Starbucks dan Retrorika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif yang menjelaskan hubungan perbedaan antar variable. Penelitian ini menggunakan sampel sebanyak 120 responden yang didapatkan melalui penyebaran kuesioner secara online dan offline. Teknik analisis data instrumen menggunakan alat bantu IBM SPSS versi 28.00. Melalui tahapan Uji paired sampel t test dan Independent sampel t test. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat perbadaan antara variable kualitas interaksi, kualitas lingkungan fisik, dan kualitas hasil berdasarkan apa yang dirasakan konsumen di Starbucks dan Retrorika.

Kata Kunci : Kualitas Layanan, Paired sample t test, dan Independent sample t test


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.