DETERMINAN FINANCIAL SATISFACTION (Studi pada Masyarakat di Kabupaten Nganjuk)

Binti Khasanah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh income, financial literacy, financial attitude, financial socialization dan childhood consumer experience terhadap financial satisfaction pada masyarakat di Kabupaten Nganjuk. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Teknik sampling yang digunakan adalah non probability sampling dengan jenis purposive sampling. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner yang disebar secara online melalui google formulir. Sampel penelitian berjumlah 110 responden. Pada kuisioner digunakan skala likert untuk mengukur nilai item pada variabel. Data dianalisis menggunakan uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linier berganda (koefisien determinasi, uji F dan uji T ) dengan bantuan software SPSS 25. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa income, financial literacy, financial attitude, financial socialization, dan childhood consumer experience secara simultan berpengaruh terhadap financial satisfaction. Namun dalam uji T, variabel income, financial literacy, dan childhood consumer experience berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap financial satisfaction, sedangkan financial attitude dan financial  socialization tidak berpengaruh terhadap financial satisfaction. Pada penelitian ini diketahui R2 sebesar 0,480 yang artinya 48% financial satisfaction masyarakat dipengaruhi oleh variabel income, financial literacy, dan childhood consumer experience, sedangkan sisanya 52% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak dibahas dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Income, Financial Literacy, Financial Attitude, Financial Socialization Childhood Consumer Experience, Financial Satisfaction


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.