PENGARUH LABELISASI HALAL, PROMOSI, HARGA DAN KUALITAS PRODUK TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SNACK KEMASAN (STUDI PADA MAHASISWA S1 FAKULTAS EKONOMI DAN BISNIS UNIVERSITAS BRAWIJAYA MALANG)

Nabilla Syafrin Aisy

Abstract


Kegiatan konsumsi mendasar yang dilakukan oleh individu adalah makan dan minum. Konsumsi yang dilakukan oleh manusia tidak hanya fokus pada konsumsi makanan dan minuman pokok saja tetapi juga makanan diluar makanan dan minuman pokok yang bersifat selingan. Umat muslim harus mempertimbangkan serta memperhatikan kehalalan dari makanan dan minuman yang akan di konsumsi. Sayangnya masih banyak umat muslim yang abai terhadap sertifikat halal atau label halal yang dimiliki oleh suatu produk yang akan di konsumsi. Penelitian ini dilakukan agar konsumen lebih selektif dalam memilah produk makanan dan minuman yang layak yang sudah memiliki label halal resmi MUI. Selain makanan ringan yang berlabel halal, terdapat variabel lain yang pada akhirnya dapat mempengaruhi keputusan pembelian terutama pada produk snack kemasan yaitu promosi, harga dan kualitas produk yang akan dikonsumsi. Penelitian ini dilakukan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya Malang dengan 100 sampel mahasiswa Angkatan 2017-2019. Hasil survey dianalisis menggunakan teori konsumsi, teori labelisasi halal, teori promosi, dan teori permintaan. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui bagaimana pengaruh labelisasi halal, promosi, harga dan kualitas produk terhadap keputusan pembelian snack kemasan. Berdasarkan hasil analisis regresi logistik menggunakan program SPSS 21, menunjukkan secara simultan maupun parsial seluruh variabel bebas (labelisasi halal, promosi, harga, dan kualitas produk) memiliki pegaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian snack kemasan pada mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Brawijaya malang angktan 2017-2019.

Kata kunci: Keputusan Pembelian, Snack Kemasan, Labelisasi Halal, Promosi, Harga, Kualitas Produk


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.