FAKTOR-FAKTOR YANG MENENTUKAN KEPUTUSAN BERDONASI SECARA ONLINE MELALUI PLATFORM CROWDFUNDING

Farah Nur Lailatun Nikmah

Abstract


Penelitin ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh dari beberapa faktor seperti religiusitas, kualitas proyek, reputasi organisasi, akuntabilitas, dan celebrity endorser terhadap keputusan untuk berdonasi secara online melalui platform crowdfunding. Sampel pada penelitian ini adalah pengguna internet dan media sosial. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling yang merupakan salah satu jenis teknik dalam teknik non probability sampling, dengan jumlah sampel sebanyak 200. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan software SmartPLS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa reputasi organisasi yang baik, kemampuan organisasi yang baik dalam mempertanggunjawabkan pengeloaan sumber daya, dan penggunaan public figure dalam strategi pemasaran dapat mendorong para pengguna internet dan media sosial untuk berdonasi secara online melalui platform crowdfunding. Faktor intrinsik yang mendorong seseorang untuk berperilaku sesuai dengan ajaran agamanya tidak mempengaruhi para donatur untuk berdonasi secara online melalui platform crowdfunding. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa semakin baik kemampuan suatu proyek amal dalam menjalankan fungsinya maka akan menurunkan minat para donatur untuk berdonasi online melalui platform crowdfunding. Hal ini dikarenakan perbedaan persepsi dan kurang rasa percaya dari para donatur terkait kualitas proyek amal.

Kata Kunci: crowdfunding, reputasi organisasi, pertanggungjawaban, seleberiti, agama, proyek amal, internet, berdonasi


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.