ANALISIS SISTEM ANTREAN DALAM MENGOPTIMALKAN PELAYANAN PADA BENGKEL AHASS 00347 DIPONEGORO MOTOR KOTA BATU

Elya Septarinta Parirak

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh antrean yang terjadi pada bengkel AHASS 00347 Diponegoro Motor Kota Batu dengan rata-rata waktu tunggu yang cukup lama. Penerapan metode antrean (queueing) dapat meminimalkan panjang antrean dan waktu tunggu dengan menunjukkan ukuran kinerja server pelayanan, total biaya antrean, dan tingkat pelayanan optimal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja pelayanan servis berkala yang ada dan membandingkan dengan model yang diusulkan. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, sedangkan metode analisis data menggunakan metode antrean (queueing) dengan memperhitungkan tingkat kedatangan pelanggan, tingkat pelayanan pelanggan, biaya pelayanan, dan biaya menunguu pelanggan. Hasil perhitungan data menunjukkan model antrean yang digunakan adalah (M/M/5) : (FCFS/∞/∞). Hasil analisis data menunjukkan ukuran kinerja untuk 5 mekanik masih bisa dioptimalkan. Metode antrean juga membantu perusahaan untuk mengetahui berapa jumlah pelanggan yang harus dilayani per jamnya untuk mencapai tingkat pelayanan optimal.

Kata Kunci: servis berkala, metode antrean, kinerja pelayanan, total biaya antrean, tingkat pelayanan optimal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.