PENGARUH ELECTRONIC WORD OF MOUTH, HARGA, DAN KUALITAS JASA TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN (STUDI KASUS PADA STUDIO JINGGA)

FATHI SYARIFUDDIN MUFLIH

Abstract


Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh electronic word of mouth, harga, dan kualitas jasa terhadap keputusan pembelian konsumen, studi kasus pada perusahaan Studio Jingga. Jenis penelitian yaitu penelitian eksplanatori yang menjelaskan hubungan kausal antar variabel penelitian melalui pengujian hipotesis. Teknik pengambilan sampel menggunakan probability sampling dan metode purposive sampling. Ukuran sampel yang digunakan adalah 114 rensponden dengan ketentuan pernah menghubungi Studio Jingga melalui Instagram maupun WhatsApp, berusia lebih atau sama dengan 17 tahun. Data hasil sampling yang diperoleh melalui kuesioner diolah menggunakan analisis regresi linier berganda dengan bantuan software SPSS versi 25. Berdasarkan dari hasil pengujian terhadap ketiga hipotesis dapat disimpulkan bahwa (1) variabel electronic word of mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (2) variabel harga memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian (3) variabel kualitas jasa memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap variabel keputusan pembelian. Dalam penelitian ini dapat disimpulkan ketiga variabel independen mampu mempengaruhi variabel dependen. Implikasi dari penelitian ini adalah memudahkan perusahaan dalam mencermati berbagai faktor yang mampu mempengaruhi keputusan pembelian konsumennya guna membuat strategi pemasaran yang tepat.

Kata kunci: Electroni Word Of Mouth, Harga, Kualitas Jasa, Keputusan Pembelian


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.