ANALISIS PENGARUH HARGA, PELAYANAN, DAN PEMAHAMAN ETIKA KONSUMSI ISLAM TERHADAP PENGGUNAAN LAYANAN GRABFOOD OLEH KONSUMEN MUSLIM (Studi Kasus Mahasiswa Muslim Universitas Brawijaya)

Zul Fahmi

Abstract


Teori islami menyatakan bahwa tujuan konsumsi bukan hanya untuk memenuhi naluri hidup tapi juga untuk memenuhi maqashid syariah. Sehingga konsumen muslim mengkonsumsi barang atau jasa yang halal dan berasal dari pendapatan atau upah yang halal. Sedangkan perilaku konsumen muslim harus merepresentasikan hubungan dengan Allah SWT. konsumsi yang dilakukan setiap hari merupakan bentuk dzikir kepada Allah SWT sehingga konsumen menjalankan setiap syariat islam dengan tidak mengkonsumsi barang haram, tidak kikir, dan tidak tamak dengan tujuan hidupnya selamat baik di dunia dan di akhirat. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah harga, pelayanan, dan pemahaman etika konsumsi Islam. Sedangkan metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan alat analisis regresi linier berganda. Hasil yang didapatkan dalam penelitian menunjukkan bahwa pelayanan dan pemahaman etika konsumsi Islam berpengaruh positif signifikan terhadap penggunaan layanan grabfood oleh konsumen muslim. Sedangkan harga berpengaruh negatif signifikan terhadap penggunaan layanan grabfood oleh konsumen muslim.

Kata kunci: Konsumen muslim, Perilaku Konsumsi, Etika konsumsi Islam


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.