IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP BISNIS ISLAM DI COFFEE SHOP DORO PUTIH MALANG

Mickail Adams

Abstract


ABSTRAK

Perkembangan kopi di dunia saat ini dapat dikatakan sangat pesat. Ditandai dengan
banyak ditemukannya cara mengolah kopi sesuai selera serta kebutuhan para penikmatnya.
Imbas dari perkembangan kopi di seluruh dunia, Malang menjadi kota yang tentu memiliki
dampak dari perkembangan kopi. Hal ini ditandai dengan banyaknya kedai kopi atau coffee
shop hingga saat ini. Persaingan bisnis tentu tidak dapat dihindari guna mendapatkan
keuntungan dalam berusaha. Dalam ajaran islam sendiri tentu memiliki syariat muamalah
yang mengatur hubungan antar sesama manusia dalam kaitannya dengan harta atau disebut
etika bisnis. Hal ini menjadi simbol keberkahan dalam berbisnis atau berusaha. Selain syariat
islam, perkembangan ilmu pengetahuan juga memberi kontribusi terhadap praktik bisnis
masyarakat dengan adanya ilmu ekonomi islam. Salah satu pemilik kedai kopi di kota Malang
yang menarik untuk digali ialah Mas Nanang sebagai pemilik coffee shop Doro Putih. Maka,
Peneliti bertujuan untuk mengetahui apakah owner dari coffee shop Doro Putih, Mas Nanang
telah menerapkan prinsip etika bisnis dalam perspektif islam pada coffee shop miliknya di
tengah persaingan pasar yang cukup kompetitif. Dengan menggunakan pendekatan kualitatif
deskriptif maka, dapat diuraikan berbagai data yang menjawab permasalahan melalui
berbagai sumber data yang diperoleh. Metode observasi atau pengamatan dan interview atau
wawancara untuk menelusuri berbagai fakta di lapangan. Selain itu, berbagai dokumendokumen

terdahulu yang berkaitan dijadikan sebagai referensi dan alat analisis dalam
mendeskripsikan fenomena yang terjadi secara sistematis. Berdasarkan hasil penelitian
ditemukan baha sikap stukrur organiasi Doro Putih dimulai dari owner hingga barista dan
kitchen sudah menerapkan nilai dasar prinsip-prinsip bisnis islam dengan baik. Mereka
melakukan hal tersebut agar bisnis berjalan dengan baik. Dengan menerapkan nilai dasar
prinsip-prinsip bisnis islam Doro Putih berkembang menjadi salah satu coffee shop yang
dikenal di Malang, Selain itu, membuat bisnis berjalan dengan baik dan dapat bertahan di
masa pandemi.

Kata kunci: Kopi, Kedai Kopi, Prinsip-Prinsip Bisnis Islam, Pengusaha


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.