Peranan E-Warong Kube Dalam Meningkatkan Pendapatan Masyarakat (Studi pada E-Warong Kube Sanjaya 1 Kota Kediri Jawa Timur)

Indah Permata Sari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi karena adanya pandemi Covid-19 yang menyebabkan sebagian masyarakat pendapatan menurun dan transaksi jual beli juga menurun. Dalam mengatasi hal tersebut Progam E-Warong KUBE berperan meningkatkan daya beli agar perekonomian dapat berjalan dengan stabil. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui dan menganalisa peranan E-Warong dalam meningkatkan pendapatan dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data  penelitian merupakan kumpulan data  dari observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan E-Warong KUBE Sanjaya

1 sangat baik dalam pelaksanaan penyaluran BPNT & PKH. Peranan E-Warong yaitu (1) meningkatkan pendapatan usaha mikro dan kecil, mampu meningkatkan kesejahteraan, (2) meningkatkan akses masyarakat terhadap layanan keuangan dan perbankan, (3) adanya Kelompok Usaha  Bersama (KUBE) membuat ibu-ibu rumah tangga  saling bertukar pendapat, keahlian, pengalaman, saling belajar untuk menciptakan kegiatan ekonomi di daerahnya, (4) membuka lapangan pekerjaan untuk ibu-ibu rumah tangga minimal lima ibu rumah tangga dalam satu E- Warong, (5) arisan KUBE. Arisan memberikan banyak manfaat yakni saling membantu, bersosialisasi, dan memaksa ibu-ibu pengurus untuk menabung, dapat disebut seperti pinjaman tanpa bunga. Hal ini memudahkan ibu-ibu rumah tangga untuk membuka usaha lain selain E- Warong.

 

Kata kunci: Pendapatan, E-Warong KUBE, Covid-19


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.