Pengaruh Penggunaan Mobile Banking (M-Banking) Terhadap Tingkat Kepuasan Nasabah Pada Generasi Milenial Yang Menjadi Nasabah Di Bank Konvensional (Studi Kasus Pada Mahasiswa Pengguna M-Banking Di Universitas Yang Ada Di Malang)

Authors

  • Riska Dea Irahyani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah variabel persepsi manfaat, persepsi keamanan, persepsi kemudahan, persepsi kepercayaan, dan online banking berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah dalam menggunakan mobile banking pada generasi milenial yang menjadi nasabah Bank Konvensional. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu purposive sampling. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode Partial Least Square (PLS) dengan alat bantu SMARTPLS 3.0. Adapun sampel dari penelitian ini berjumlah 153 mahasiswa di kota Malang pengguna mobile banking yang menjadi nasabah di bank konvensional. Hasil analisis menunjukkan bahwa variabel persepsi kemudahan dan persepsi kepercayaan berpengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat kepuasan nasabah. Sedangkan, persepsi manfaat, persepsi keamanan, dan online banking tidak berpengaruh signifkan terhadap tingkat kepuasanaan nasabah pada mahasiswa pengguna mobile banking di kota Malang.

Kata kunci: Kepuasan Nasabah, Persepsi Manfaat, Persepsi Keamanan, Persepsi Kemudahan, Persepsi Kepercayaan, Online Banking

Downloads

Published

2022-02-25

Issue

Section

S1 KEUANGAN DAN PERBANKAN