ANALISIS PENGARUH LISENSI, PENDAPATAN, HARGA, RELIGIUSITAS TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SOFTWARE (Studi Pada Mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam 2014-2018 Universitas Brawijaya)

Yogi Firmansyah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh lisensi, harga, pendapatan, dan religiusitas terhadap keputusan pembelian atau konsumsi pada preferensi produk software. Dan penelitian ini juga bertujuan untuk menganalisis faktor yang paling dominan pengaruhnya terhadap keputusan pembelian atau mengonsumsi pada produk software. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa Fakultas Ekonomi Uiversitas Brawijaya Malang Jurusan Ilmu Ekonomi Program Studi Ekonomi Islam dari tahun 2014 - 2018. Sampel pada penelitian ini sebanyak 87 responden dan teknik yang digunakan adalah teknik Non-probability sampling dengan metode purposive sampling, yaitu teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi logistik. Analisis ini meliputi: Uji Hosmer and Lemeshow’s Goodness of Fit Test , Uji log Likelihood, Koefisien Determiasi R2, dan Uji Omnibus Test of Model. Hasil yang diperoleh dengan uji regresi logistic disimpulkan bahwa variable lisensi, harga, pendapatan dan religiusitas berpengaruh signifikan secara simultan terhadap variable terikat yaitu preferensi membeli produk software

Kata kunci : Lisensi, harga, pendapatan, dan religiusitas, keputusan pembelian software.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.