PENGARUH COUNTRY OF ORIGIN DAN BRAND IMAGE TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SMARTPHONE SAMSUNG DENGAN WORD OF MOUTH SEBAGAI VARIABEL MODERASI (STUDI PADA PENGGUNA SMARTPHONE SAMSUNG DI KOTA MALANG)
Abstract
Globalisasi mendorong pertukaran pandangan antar negara baik dari aspek produk, teknologi, gaya hidup, dan kebudayaan. Budaya Korea Selatan menjadi sebuah tren global. ’Cultural Invasion’ negeri gingseng tersebut membuat citra dan anggapan masyarakat kita terhadap Korea Selatan menjadi berubah, termasuk produk teknologinya seperti Smartphone. Hal tersebut menyebabkan perubahan pandangan dan minat konsumen terhadap pengambilan keputusan pembelian ponsel pintar. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis pengaruh Country of Origin dan Brand Image Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Samsung dengan Word of Mouth sebagai Variabel Moderasi. Teknik pengambilan sampelnya dengan menggunakan Convenience sampling serta menggunakan 100 sampel. Teknik analisis data menggunakan SmartPLS 3.3. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa country of origin dan brand image berpengaruh secara positif dan signigikan terhadap keputusan pembelian. Hasil penelitian juga menunjukkan bahwa Word of Mouth memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam memoderasi Country of Origin dan Brand Image terhadap keputusan pembelian.
Kata Kunci: Country of Origin, Brand Image, Word of Mouth, Keputusan Pembelian
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.