ANALISIS FAKTOR FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MUZAKKI DALAM MEMBAYAR ZAKAT MAAL PADA LEMBAGA ZAKAT NONFORMAL (Studi Kasus : Muzakki Desa Kesamben Kabupaten Jombang)

Intan Nurrahmah

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui faktor–faktor yang mempengaruhi individu muzakki dalam membayar zakat maal pada lembaga zakat nonformal khususnya masyarakat Desa Kesamben Kabupaten Jombang serta memberikan solusi kepada muzakki agar melakukan kewajiban membayar zakat pada Badan/Lembaga amil zakat nasional sesuai Undang-Undang Nomor 23 tahun 2011 dan dapat memaksimalkan pengumpulan dana zakat dari masyarakat. Penelitian ini menggunakan data primer yang diproleh dari hasil pengisian angket responden dan data sekunder diperoleh dari data puskasbaznas, jurnal, data data LAZ UQ di Jombang. Penelitian ini adalah kuantitatif deskripiif. Metode pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan kuesioner. Hasil penelitian ini adalah faktor pengetahuan, kepercayaan muzakki pada lembaga zakat nonformal, lokasi berpengaruh secara parsial terhadap keputusan membayar zakat, oleh karena itu hasil tersebut sesuai dengan hipotesis.Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat pengetahuan, kepercayaan muzakki pada lembaga zakat nonformal, lokasi masyarakat Desa Kesamben Kabupaten Jombang mempengaruhi rasio kemungkinan keputusan masyarakat Desa Kesamben dalam membayar zakat maal di Lembaga Zakat Nonformal

Kata Kunci : Faktor Pengetahuan, Faktor Kepercayaan Muzakki pada Lembaga Zakat Nonformal, Faktor Lokasi, Zakat Maal, Lembaga Zakat Nonformal.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.