ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN PENGGUNA SISTEM E-PAYMENT MENGGUNAKAN TEORI DELONE DAN MCLEAN YANG DIMODIFIKASI

Agung Risky Setyawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas desain antarmuka terhadap kepercayaan dan kepuasan pengguna layanan e-payment menggunakan teori DeLone dan McLean yang dimodifikasi. Objek penelitian ini adalah mahasiswa jurusan Akuntansi Universitas Brawijaya yang pernah menggunakan berbagai layanan e payment. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, pengambilan data diambil dengan metode kuisioner. Total 130 kuisioner yang dapat diolah menggunakan metode structural equation modeling dengan aplikasi smartPLS. Hasil analisis data menunjukkan bahwa kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas desain antarmuka berpengaruh positif terhadap kepercayaan pengguna, dan kualitas sistem, kepercayaan berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna.

Kata Kunci : teori delone dan mclean, e-payment, kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas desain antarmuka, kepercayaan, kepuasan pengguna.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.