ANALISIS FAKTOR YANG MEMPENGARUHI TINGKAT UNDERPRICING PADA SAHAM PERUSAHAAN IPO (Studi Pada Perusahaan IPO Tahun 2015-2019)

Septian Rizky Idanda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengukur dan mengetahui pengaruh dari reputasi underwriter, persentase saham yang ditawarkan, umur perusahaan,Return on Asset dan Debt to Equity Ratio terhadap tingkat underpricing pada perusahaan IPO yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2019. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan sampel 117 perusahaan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia yang dipilih menggunakan metode purposive sampling. Tingkat underpricing diukur dengan Initial Return. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa terdapat pengaruh negatif dan signifikan pada reputasi underwriter dan umur perusahaan. Sedangkan persentase saham yang ditawarkan memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap tingkat underpricing. Return On Asset memilki pengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap tingkat underpricing sedangkan Debt to Equity Ratio memiliki pengaruh positif dan tidak signifikan terhadap tingkat underpricing.

Kata Kunci : underpricing, initial public offering, reputasi underwriter, persentase saham yang ditawarkan, umur perusahaan, return on asset dan debt to equity ratio


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.