Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Daya Saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Keripik Buah di Kota Malang

Tazki Theosofi

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi daya saing Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) keripik buah di Kota Malang. Faktor-faktor tersebut adalah keunggulan produk, inovasi, sumber daya manusia, pemasaran dengan pemanfataan teknologi informasi, dan modal kerja. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang dengan objek penelitian adalah pengusa usaha Mikro keripik buah di Kota Malang. Peneliian ini menggunakan data primer dengan kuiosoner sabagai medianya, Penelitian ini bersifat kuantitatif dengan menggunakan model analisis regresi linear berganda dengan alat analisis SPSS. Peningkatan jumlah UMKM saat ini begitu pesat di Indonesia akan tetapi hal tersebut tidak diimbangi dengan perkembangan Indeks daya Saing UMKM yang ada. Kota malang diharpkan mampu menjadi pendongkrak indeks daya saing Indonesia karena Kota Malang juga terkenal sebagai salah satu kota besar yang kaya akan keanekaragaman UMKM yang ada, juga keripik buah yang selama ini terkenal sebagai icon dari Kota Malang itu sendiri. Para pengusaha dapat menganalisa dan mengevaluasi usaha mereka melalui hasil dari penelitian ini. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat variabel yang berpengaruh dan tidak berpengaruh terhadap daya saing keripik buah di Kota Malang.

Kata kunci: Keunggulan Produk, Inovasi, Sumber Daya Manusia, Teknologi Informasi, Modal, Daya Saing, UMKM


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.