PENGARUH KUALITAS LAYANAN, NILAI NASABAH, DAN ATRIBUT PRODUK ISLAM TERHADAP KEPUASAN NASABAH (Studi Kasus PT. Bank Rakyat Indonesia Syariah Cabang Malang)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah dimensi kualitas layanan, nilai nasabah dan
atribut produk Islam terhadap kepuasan nasabah Bank BRI Syariah Cabang Malang. Populasi
dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan Bank BRI Cabang Malang. Sampel yang diambil
sebanyak 200 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan
pendekatan purposive sampling, Metode kuesioner ini digunakan untuk mengetahui tanggapan
responden terhadap masing-masing variabel, dengan menggunakan pengambilan sampel adalah
responden nasabah tabungan PT. bank BRI Syariah Cabang Malang. Berdasarkan hasil penelitia
analisis data statistik SEM, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya
bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak
terjadi . Urutan secara individu dari masing-masing variabel saling berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah adalah variabel kualitas layanan dengan indikator realibilitas, variabel nilai
bagi nasabah dengan indikator Nilai Layanan, dan atribut produk Islam dengan indikator sistem
bagi hasil. Bank BRI Cabang Malang perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai
baik oleh nasabah serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang.
Kata Kunci: kualitas layanan, nilai bagi nasabah, atribut produk Islam terhadap kepuasan nasabah
atribut produk Islam terhadap kepuasan nasabah Bank BRI Syariah Cabang Malang. Populasi
dalam penelitian ini adalah nasabah tabungan Bank BRI Cabang Malang. Sampel yang diambil
sebanyak 200 responden dengan menggunakan teknik Non-Probability Sampling dengan
pendekatan purposive sampling, Metode kuesioner ini digunakan untuk mengetahui tanggapan
responden terhadap masing-masing variabel, dengan menggunakan pengambilan sampel adalah
responden nasabah tabungan PT. bank BRI Syariah Cabang Malang. Berdasarkan hasil penelitia
analisis data statistik SEM, indikator-indikator pada penelitian ini bersifat valid dan variabelnya
bersifat reliabel. Pada pengujian asumsi klasik, model regresi bebas multikolonieritas, tidak
terjadi . Urutan secara individu dari masing-masing variabel saling berpengaruh terhadap
kepuasan nasabah adalah variabel kualitas layanan dengan indikator realibilitas, variabel nilai
bagi nasabah dengan indikator Nilai Layanan, dan atribut produk Islam dengan indikator sistem
bagi hasil. Bank BRI Cabang Malang perlu mempertahankan elemen-elemen yang sudah dinilai
baik oleh nasabah serta perlu memperbaiki hal-hal yang masih kurang.
Kata Kunci: kualitas layanan, nilai bagi nasabah, atribut produk Islam terhadap kepuasan nasabah
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.