ANALISIS KEPUTUSAN PEMBERIAN KREDIT MODAL KERJA TERHADAP USAHA KECIL DAN MENENGAH (Studi Kasus Pada Bank BRI KCP Sukun Malang)

Yusvendy Hardinata

Abstract


Studi ini dilakukan untuk mengetahui dan mengkaji tentang pengaruh antara faktor-faktor (Jumlah Agunan, umur usaha, omset usaha dan jumlah tanggungan keluarga) terhadap keputusan pemberian kredit modal kerja (KMK) di BRI KCP Sukun Malang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis regresi logistik dan dilanjutkan dengan pengujian statistik untuk mengetahui seberapa besar pengaruh empat variabel bebas terhadap variabel terikat secara parsial maupun simultan . Data yang digunakan diperoleh dari survey peneliti terhadap calon debitur BRI KCP Sukun Malang, Penentuan jumlah responden dalam penelitian ini menggunakan Total Sampling, dari 25 calon debitur diperoleh keseluruhan responden untuk dijadikan sampel dalam penelitian ini.

Berdasarkan penelitian diperoleh hasil bahwa jaumlah agunan dan omset usaha berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pemberian kredit KMK  yang diterima, Umur usaha dan Jumlah tanggungan keluarga berpengaruh negatif  tidak signifikan terhadap Keputusan pemberian kredit modal kerja  (KMK), Secara parsial temuan penelitian menunjukkan bahwa faktor omset usaha memiliki koefisien regresi yang terbesar (0,082) dengan probabilitas terkecil (0,04). Hal ini menunjukkan bahwa omset usaha calon debitur menjadi pertimbangan tertinggi dalam pengambilan keputusan pembelian kredit pada Bank BRI KCP Sukun Malang.

 

Kata kunci: Mekanisme kredit bisnis ritel, Mekanisme Pembiayaan kredit modal kerja bnak BRI KCP Sukun

 

 


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.