ANALISIS PREFERENSI MAHASISWA DALAM PEMILIHAN TEMPAT KOS (Studi : Kawasan Kos di Kelurahan Ketawanggede dan Kelurahan Sumbersari, Kota Malang)

Satya Rachmawati

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor apa saja yang mempengaruhi preferensi mahasiswa dalam pemilihan tempat tinggal kos dan  mengetahui preferensi konsumsi mahasiswa di Kelurahan Ketawanggede dan Kelurahan Sumbersari, Kota Malang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan kualitatif deskriptif.

Dari hasil penelitian ini didapatkan hasil bahwa pada sampel yang terpilih diketahui bahwa pendapatan (uang saku) mahasiswa berpengaruh signifikan negatif terhadap preferensi mahasiswa dalam menentukan kos dan menyatakan apabila pendapatan (uang saku) naik maka kecenderungan preferensi mahasiswa untuk memilih tempat kos di Kelurahan Sumbersari lebih tinggi bila dibandingkan di Kelurahan Ketawanggede. Harga sewa kos berpengaruh signifikan positif terhadap preferensi mahasiswa dalam pemilihan kos dan menyatakan bahwa apabila  harga kos naik  maka kecenderungan preferensi mahasiswa untuk memilih tempat kos di Kelurahan Ketawanggede lebih tinggi bila dibandingkan di Kelurahan Sumbersari. Fasilitas yang ditawarkan kos berpengaruh signifikan positif  terhadap preferensi mahasiswa dalam memilih kos dan menyatakan bahwa apabila fasilitas kos yang ditawarkan lebih bagus, maka kecenderungan preferensi mahasiswa untuk memilih tempat tinggal kos di Kelurahan Sumbersari lebih tinggi bila dibandingkan di Kelurahan Ketawanggede. Tidak adanya pengaruh signifikan serta negatif antara variabel gaya hidup dengan preferensi mahasiswa dalam memilih kos dan menyatakan bahwa tinggi rendahnya tingkat gaya hidup tidak akan meningkatkan preferensi mahasiswa dalam memilih daerah kos Sumbersari maupun Ketawanggede sebagai tempat kos.

Selain itu, berdasarkan konsep elastisitas, yaitu elastisitas harga terhadap permintaan, dinyatakan bahwa kos merupakan barang elastis,  yaitu  kos yang diminta sangat dipengaruhi oleh besar-kecilnya harga.  Apabila berdasarkan elastisitas pendapatan terhadap permintaan, dinyatakan bahwa kos merupakan barang kebutuhan kebutuhan ( primer) mahasiswa. Apabila berdasarkan elastisitas silang, dinyatakan bahwa hubungan antara kos mengah ke atas dan kos menengah ke bawah adalah subtitusi (pengganti).

 

Kata Kunci : Preferensi Mahasiswa, Pemilihan, Tempat Kos


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.