Analisis Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Menggunakan Economic Value Added dan Market Value Added ( Studi pada Perusahaan Semen yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia )

Nanda Karprilano, Siti Aisjah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kinerja keuangan perusahaan Semen yang terdaftar di BEI periode 2007-2011. Mengingat persaingan di dunia usaha semakin lama semakin ketat sehingga penilaian kinerja perusahaan menjadi ukuran keberhasilan sebuah perusahaan. Analisis Economic Value Added (EVA) dan Market Value Added (MVA) untuk mengetahui kinerja keuangan PT. Semen Gresik, Tbk, PT. Holcim Indonesia, Tbk, dan PT. Indocement Tunggal Prakasa, Tbk. Periode penelitian yaitu tahun 2007-2011 ( 5 Tahun).

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat nilai positif pada kedua indikator penilaian kinerja keuangan perusahaan. Nilai EVA positif menunjukkan bahwa perusahaan mampu menciptakan nilai tambah sehingga laba yang tersedia mampu memenuhi ekspektasi para penyandang dana. Nilai MVA positif menunjukkan bahwa perusahaan telah mampu meningkatkan kekayaan para pemegang sahamnya. Demikian pula berlaku sebaliknya.

Terdapat korelasi antara nilai EVA dan MVA. Kenaikan nilai EVA ternyata juga diikuti oleh kenaikan nilai MVA, hal ini mengindikasikan bahwa pasar merespons positif kinerja keuangan perusahaan yang mampu memberi nilai tambah bagi perusahaan.

 

Kata kunci : kinerja keuangan, Economic Value Added (EVA), Market Value Added (MVA)


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.