PENGARUH KADAR KEBANGKRUTAN MENURUT MODEL ALTMAN DAN OPINI AUDIT TAHUN SEBELUMNYA TERHADAP PENERIMAAN OPINI AUDIT GOING CONCERN (Studi Empiris pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI 2009-2011)

Irma Fadilah, Ali Djamhuri

Abstract


Opini audit going concern adalah opini audit dengan paragraf penjelasan mengenai pertimbangan auditor bahwa terdapat ketidakmampuan atau ketidakpastian signifikan atas kelangsungan hidup perusahaan dalam menjalankan operasinya pada masa mendatang. Penerbitan opini audit going concern ini merupakan bad news bagi para pengguna laporan keuangan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh kadar kebangkrutan perusahaan menurut Model Altman dan opini audit tahun sebelumnya terhadap penerimaan opini audit going concern. Sampel diperoleh dengan metode purposive sampling dan terpilih sebanyak 51 sampel perusahaan manufaktur yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia pada tahun 2009-2011. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis regresi logistik. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa opini audit tahun sebelumnya berpengaruh signifikan terhadap penerimaan opini audit going concern sedangkan kadar kebangkrutan menurut model Altman tidak berpengaruh.

Kata kunci: opini audit going concern, kadar kebangkrutan menurut Model Altman (Z’ Score), dan opini audit tahun sebelumnya.


Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.