PENGARUH MOTIVASI BELANJA UTILITARIAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN DI PASAR MODERN (STUDI PADA PELANGGAN GIANT SUPERMARKET DAERAH DINOYO KOTA MALANG)

Winda Ariria Eka Prawita, Ahmad Sudiro

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh secara simultan dan
parsial atas motivasi belanja utilitarian yang terdiri dari dua variabel yaitu (1) kualitas
barang dan (2) kualitas layanan terhadap keputusna pembelian di pasar modern Giant
yang berada di daerah Dinoyo Kota Malang.  Penelitian ini menjelaskan hubungan
dan pengaruh variabel bebas yaitu kualitas barang dan kualitas layanan terhadap
keputusan konsumen dalam melakukan keputusan pembelian di pasar modern Giant
yang berada di daerah Dinoyo Kota Malang.  Penelitian ini menggunakan sampel
sebanyak 50 orang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan teknik  non-
probability sampling. Uji yang digunakan dalam menguji instrument penelitian ini
adalah uji validitas, uji reliabilitas, dan uji asumsi klasik. Uji hipotesis menggunakan
uji F hitung dan t hitung. Untuk menganalisis data digunakan uji regresi linear berganda
dan uji asumsi klasik yaitu uji normalitas, uji multikolinearitas,  dan uji
heteroskesdastisitas.  Dari hasil analisis terlihat bahwa kedua variabel berpengaruh
secara simultan terhadap keputusan konsumen dalam melakukan pembelian di pasar
modern Giant yang berada di daerah Dinoyo Kota Malang. Sedangkan secara parsial
kedua  variabel berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan konsumen dalam
melakukan pembelian di pasar modern Giant yang berada di daerah Dinoyo Kota
Malang.  
Kata Kunci: Motivasi Belanja Utilitarian, Kualitas Barang, Kualitas Layanan,
Keputusan Pembelian Di Pasar Modern Giant Dinoyo Kota Malang

Full Text:

Untitled

Refbacks

  • There are currently no refbacks.